Kamis, 22 Oktober 2009

KEINDAHAN DUNIA LAUT



1 komentar:

  1. Jumat, 2 Oktober 2009 | 06:37:47
    TAMAN LAUT TAKABONERATE SIAP DIJUAL 2011
    formatnews - Makassar, 2/10 : Taman wisata laut Takabonerate diperkirakan baru akan siap dijual sebagai obyek wisata unggulan pada 2011.

    Ekspedisi yang akan digelar pada pertengahan Oktober digunakan untuk mencari nilai jual yang khas dari kawasan taman laut tersebut, kata Kadis Kebudyaaan dan Pariwisata Sulsel Syuaib Malombassi di Makassar, Kamis

    Pemerintah Provinsi Sulsel, optimis taman wisata laut tersebut akan menjadi ikon baru dunia pariwisata nasional layaknya Pulau Wakatobi dan Pulau Bunaken.

    Pulau Bunaken baru siap dijual sebagai komoditi pariwisata setelah melakukan berbagai persiapan selama tiga tahun.

    Selanjutnya, setelah melakukan berbagai persiapan seperti menentukan nilai jual yang tidak dimiliki oleh kawasan wisata lainnya akan diselenggarakan festival tahunan pada tahun-tahun selanjutnya

    Hasil penelitian Departemen Kelautan dan Perikanan, taman wisata laut yang mulai dipetakan 2007 ini memiliki tingkat keindahan taman bawah laut tertinggi didunia.

    "Tingkat keindahan taman bawah laut Takabonerate mencapai 35 sementara Bunaken 27," ujarnya.

    Keindahan taman bawah laut di kawasan ini juga berada pada posisi tiga besar dunia setelah Kepulauan Marshall dan Kepulauan Maladewa. Dengan demikian, taman wisata laut ini menjadi taman laut pertama yang mendapat pengakuan dunia internasional.

    Selain itu, kawasan ini juga diklaim sebagai taman bawah laut terluas dengan luas 320.656 kilometer persegi atau sekitar 300 hektar.

    Ia menambahkan, setelah Selayar daerah lain yang akan digarap potensi wisatanya adalah Kabupaten Pangkep dan akan dimulai 2010. *ant/bm*

    BalasHapus